2.19.2010

Madura vs Sunda

created by ud@Ra_ di 20.24

Udah hampir 8 bulan tinggal di jember, tapi aku masih belum bisa bahasa madura, apalagi bahasa jawa. Sebagian besar penduduk jember pake bahasa madura, karena posisi nya deket sama pulau madura mungkin ya... Uh.... i have to study madura language because....hehehe....

Sedih rasanya kalo ga bisa bahasa madura. Susah banget logatnya! Tapi anehnya, temen ku yang orang madura, udah lancar banget ngomong bahasa sunda, bahasa lemes pula, mantabhh....!! Kalo bisa bahasa madura kan jadi bisa ngobrol sama penduduk sini, ngobrol sama yang jual makanan (sapa tau bisa dikasih murah, hahaha...), trus bisa ngerti apa yang diomongin orang (bisa aja kan mereka yang ngomong pake bahasa madura itu ngejek kita), huft.....

Aku dan Arini pernah nyoba ngomong bahasa madura waktu naik becak:

Aku : Turun di depan, pak! (logat di-jawa2in, hehe...)
Arini : (Pas udah turun dari becak) Kalangkong., pak! (ed : terimakasih, pak)
Tukang becak : Depade... (ed : sama2)
Aku dan Arini : (Saling tatap....trus....KABUR tak lupa memberi sebuah senyuman linglung pada tukang becak, hahaha.....)

Huft, untung kita langsung kabur. Sok2an pake bahasa madura, aku khawatir diajak ngobrol lanjut pake bahasa madura, huah!! Blank sama sekali. Waktu mampir ke rumah temen ku aja, diajak ngobrol sama keluarganya pake bahasa madura. Hiks, mama....pengen nangis rasanya, ga ngerti sama sekali...

Eh, tapi beberapa mahasiswa disini juga ada yang pengen belajar bahasa sunda. Temenku c Atih, dijadiin guru privat. Tapi, karena dia sering dijailin pake bahasa madura, so....dia juga berniat ngejailin mereka juga.

Mahasiswa : Atih, aku pengen belajar bahasa sunda juga kayak kamu..
Atih : Iya, sok atuh
Mahasiswa : Aku ga sok kok, kan mau belajar.... (dengan muka polos)
Atih : Iya, maksudnya silahkan, sok itu artinya silahkan. Mau belajar apa..... (gemes....)
Mahasiswa : Kalo bahasa sundanya cakep apa?hehe...
Atih : (ketawa2 dalam hati) kalo cakep itu bahasa sundanya tutung....
Mahasiswa : Oh, gitu. Hm.... Hei.....temen2….aku tutung lho....!! (teriak pamer ke temen2 yang lain.....dengan bangganya)
Atih : Hmmpth....(berusaha nahan ketawa)

Oh, seandainya ia tau bahwa arti tutung itu adalah gosong alias item ga ketulungan, hahaha.........

3 cuap2 on "Madura vs Sunda"

Rossy R on 26 Februari 2010 pukul 07.50 mengatakan...

wkwkwk... belajar B.SUNDA sama saya juga boleh :)

Anonim mengatakan...

well done guys....stay blogging....
salam dari bloggerliar

Anonim mengatakan...

hehehe,, lucu jg ceritanya,,,
banyak juga kesan-kesanya selama di jember,,,
(jek kaloppaen ka jember yeh),,
(ed : jangan lupain jember ya,,?)

HUDA ahmad

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal