10.19.2009

Black Mildew

created by ud@Ra_ di 11.52

Di rumah juga punya beberapa tanaman buah, kayak mangga. Tapi...Cuma bertahan sekali berbuah aja. Huft...padahal lama banget nunggu berbuahnya, sekali berbuah Cuma dikit hasilnya, trus udah deh, ga pernah berbuah lagi. Akhirnya di tebang, karena halaman rumah harus di rombak. Tapi akhirnya beli lagi yang di dalam pot. Cuma.....nasibnya sama kauak yang dulu. Bukan masalah berbuah atau ga-nya. Tapi kena serangan BLACK MILDEW terus alias EMBUN JELAGA. Hehe,,,keren ya?? Padahal ini nama penyakit loh... Liat aja daun mangganya jadi ada warna hitamnya kayak jelaga kan??

Awal mulanya tanaman mangga ini diserang oleh kutu daun (liat gambarnya, daunnya ada yang berwarna putih kan??). Kutu daun ini menyerang tanaman dengan cara menghisap unsur hara yang ada di dalam tanaman. Nenekku pernah nyoba menghilangkan kutu daun, mulai dari dibuang daunnya, dilap pakai kain, mpe yang paling banter dilakukan ibu rumah tangga. Yaitu menyemprotkan larutan deterjen ke arah serangan. Alhasil, daunnya pada kebakar. Hahaha..... Pada berbagai kasus, emang berhasil c... Tapi kebanyakan gagalnya. Kutu daun ini bisa dihilangkan dengan menyemprotkan larutan ekstrak bawang putih.

Okeh, lanjut lagi. Kutu daun yang udah betah di daun mangga, mengeluarkan cairan manis. Cairan ini sangat disukai oleh semut. Liat deh di gambar, ada daun yang dirubung semut kan?? Nah, sang semut ini memakan cairan manis ini. Tapi mereka ga sopan, mereka membuang kotoran alias fesesnya di atas daun. Nah itu tuh, yang item2nya. Yang kita sebut jelaga. Makanya dikasih nama EMBUN JELAGA alias BLACK MILDEW. Ini cukup berbahaya, karena numpuk di atas daun, menutupi stomata. Akhirnya tanaman terganggu proses fotosintesisnya. Betul tidak??




An_n@vy moet's

1 cuap2 on "Black Mildew"

Anonim mengatakan...

kotoran (feses) yang dikeluarin kutu itu namanya embun madu. trus, di sekitar embun madu itu tumbuh cendawan jelaga, karena warnanya hitam seperti jelaga.

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal