10.19.2009

Strowberry

created by ud@Ra_ di 11.25


Ngomong2 soal tanaman, di rumahku tuh banyak banget tanaman.... Mulai dari yang jelas asal-usulnya, mpe yang ga jelas. Dari yang bisa dimanfaatin, mpe yang Cuma sekedar mejeng di halaman rumah aja. Hampir semua itu koleksinya nenek, apalagi anggrek.

Hm...kalo punya ku sih Cuma koleksi tanaman stroberi itu aja. Hehe...

Awalnya sih Cuma 1 polibag aja......Tapi karena kebiasaan tumbuh tanaman ini adalah mengeluarkan sulur atau stolon. Nah itu bisa dibudidayakan jadi cikal bakal bibit tanaman storberi yang baru. Emang sih, ga selamanya semua stolon bisa digunakan. Hanya yang terpilih aja, alias yang bagus, sehat, bebas dari hama penyakit, yang paling penting adalah berasal dari indukan yang baik.

Nah...Bibit ini nantinya bisa menghasilkan bunga setelah 3 bulan kemudian. Tapi bunga ini jangan dibiarkan menjadi buah. Karena tanaman atau bibit baru harus diadaptasikan dulu. Masa baru jadi remaja udah dibiarkan hamil, ibarat manusia aja kan, hehe... Nah, dengan cara ini juga dapat merangsang tanaman untuk menghasilkan bunga lagi. Kalo udah muncul tandan bunganya, yang dibiarkan dipelihara hanyalah bunga primer dan bunga sekunder aja. Bunga yang lain dalam satu tandan bunga harus dibuang. Hal ini untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara dan pembesaran buah.

Nah, kalo udah mateng, stroberi bisa dipanen dan dinikmati hasilnya. Hehe...






An_n@vy moet's

0 cuap2 on "Strowberry"

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal