12.12.2011

My Memories.. (TA)

created by ud@Ra_ di 10.42

Beberapa teman yang masih kuliah dan mengurusi tugas akhir, mengingatkanku pada penelitian tugas akhir yang harus aku laksanakan tahun lalu. Mulai dari pemilihan judul, pengajuan proposal, proses ditolak dosen (hehe), seminar, penelitian, sampai sidang.

Dulu, aku sempat 3 kali ganti judul. Judul pertama berhubungan dengan pemanfaatan azola untuk kesuburan tanah. Ternyata setelah diteliti, penelitiannya nggak bisa Cuma 4 bulan. Huah… Akhirnya, berganti dengan judul kedua. Pengaruh alelopat teki terhadap pertumbuhan benih jagung. Dan itu pun ditolak, haha, terlalu gampang katanya. Memang sih, setelah judul pertama yang terlalu susah, aku sengaja cari yang gampang2 dan seminggu beres. Eh, ditolak juga. Hahaha…

Nah, judul ketiga ini deh yang akhirnya lanjut ke penelitian. He. Penelitian mengenai penyimpanan benih cokelat yang notabene adalah tergolong benih rekalsitrant dengan beberapa bahan pencampur. Maksudnya adalah untuk menekan atau menghambat perkecambahannya untuk sementara agar bisa disimpan dulu sebelum ditanam. Woah, sebelumnya sih pengen benih2 lain, tapi karena benih cokelat mudah didapat (sesuai kantong,hehe), yah akhirnya cokelat yang diambil. Iya dong, penelitian pun nggak boleh menyulitkan si peneliti. Memang sih udah ada system somatic embrio buat benih cokelat, tapi di beberapa tempat para petani masih menggunakan benih sendiri.
Hm… inget ih waktu memulai cari litelatur nya. Mampir ke perpustakaan UNEJ, mampir ke Bogor di Balai kehutanan bareng Arini dan Diaz. Hehe… Terus ngenet hampir tiap hari. Bertapa di penghujung malam, haha… Berjuang untuk menghadap dosen yang salah satunya udah agak sepuh. Kadang inget kadang enggak sama aku yang anak bimbingannya, hiks… Berjuang menghadapi sakit hati karena 2 kali seminar harus ditunda. Hah… rasanya waktu itu pengen makan orang aja…

Saat penelitian dimulai juga, harus berjuang membersihkan green house (karena yang dipakai rancangan RAL), berjuang mencari buah cacao yang bagus (dan ternyata harganya mahal!!!), berjuang mengaduk2 media tanam (untuk uji daya tumbuh) dibantu teman, berjuang membersihkan ribuan biji cacao dari pulp nya yang bandel banget dihilanginnya dibantu teman2, berjuang mengatasi amarah dosen (hahaha, hikss.), berjuang tiap pagi bersepeda ria ke green house untuk pengamatan, berjuang memberantas semut nakal yang mengerumuni biji2 cacaonya….Hiks, untuk udah penelitian akhir.

Katanya saat kita penelitian atau skripsi itu pasti banyak cobaannya. Beberapa teman bapaknya meninggal. Sedih banget. Kalo aku diuji dengan diri sendiri. Waktu harus pengamatan (pengamatan nggak bisa ditunda), aku sakit. Tiba2 aja demam. Beberapa minggu sebelumnya, di awal penelitian, aku sempat kecelakaan. Lain waktu dosennya yang sakit, karena stroke, sehingga sidang harus ditunda. Hiks, stress banget waktu itu. Temen2 sudah selesai, sedangkan aku belum sidang. Harus kalo sampe mundur lama, aku nggak bakal bisa ngejar pra yudisium.

But, finally, Alhamdulillah aku bisa lulus. Hehe… Semuanya berkat pertolongan Allah. Alhamdulillah…

0 cuap2 on "My Memories.. (TA)"

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal