12.05.2011

Wirausaha Part 2

created by ud@Ra_ di 09.41

Kebiasaan dagang itu ternyata muncul lagi waktu aku kuliah. Kondisi perekonomian yang seret, nggak bisa minta ortu, nggak bisa nagih bapak direktur di kampus buat cepet2 keluarin jatah beasiswa kita, nah, di saat kepepet inilah biasanya ide kreatif suka muncul. Haha…

Waktu itu niat usaha udah ada, tapi belum tau apa yang mau diusahakan. Iseng mampir ke tempat si Yanoi (waktu itu dia udah mulai usaha tas buatan sendiri). Argh… aku ngiler ngeliat dia. Akhirnya, aku putuskan jalan-jalan sama c dong-dong ke Gramedia. Pilah pilih buku kreasi aksesoris. Finally aku nemu buku tentang cara membuat kreasi dari clay. Hohoho… bukunya dibeliin pula, hahaha, asyik.

Besoknya langsung belanja kebutuhan usaha (ceile…). Iyah, beneran. Dengan bermodalkan seratus rebong, Alhamdulillah usahanya bisa berjalan. Dan, aku nggak nyangka kalo TERNYATA bikinnya tuh mesti teliti boo… terus harus sabar. Soale bikinnya kecil2 n imut2. Hah, biarlah demi mendapatkan penghasilan. Hehe.. Heboh anak2 kosan yang ngeliatin aku mojok di kamar kosan. Hehe. Finally, taadaa…. Beres juga deh. Hm, lumayan lah laku.

Nggak lama aku pun pindah haluan. Hehe. Suer deh nggak pake sumpah. Bikinnya cape banget, tapi hasilnya nggak seberapa. Nah, c Yanoi nih yang berjasa memperkenalkanku dengan dunia tali sepatunya. Yup, usaha selanjutnya handmade aksesoris dari tali sepatu. Nah, usaha ini lah yang akhirnya menghidupiku selama di Jember dan sampai saat ini.

Awalnya sih enek liatin gulungan tali yang numpuk di pojok ruangan. Tapi lama2 ikut mojok juga, bikin aksesoris itu. Lama2 lihai juga, hehe. Pertama kali jualan di area kosan dulu. Huah, mantap. Yang minat banyak. Hehe… Lama2 mesti cari distributor. Arini, Ega, Nur, merekalah yang jadi distributorku. Hehe, masih temen padahal.

Untuk memperluas area penjualan, akhirnya aku dan teman2 nekat jualan di Alun2 Jember. Suer deh, MALU banget!! Kalian tau kan kalo ALun2 tiap hari minggu pasti rame banget. Banyak yang kenal. Terutama para dosen. Heu… Tapi sekali lagi, demi penghidupan yang lebih layak, tancep terus dah. Hehe..

Tadinya sih aku jualannya rame2, sama Nur dan Cana dengan produknya aneka aksesoris dari rajutan. Aku juga bisa sebenernya bikin itu, tapi pegel. Heu, jadi males. Terus ada Yanoi, Satia, dan aku tentunya dengan produk dari tali sepatu. Waktu itu aku Cuma bikin aneka gantungannya aja sama bros. Tapi lumayan, dapet 30 ribu. Lama2 kita berhenti jualan, karena kesibukkan kita yang padat. Nah, setelah selesai semua urusan, Yanoi, nur dan aku memutuskan untuk jualan lagi. Kali ini lebih serius. Dengan produk yang makin beragam, kami jualan lagi di alun2. Wah, apalagi sekarang udah ada tempat yang tetap.











Setiap minggu, berangkat jam setiap setengah 5 pagi dengan sepeda onthel masing2. He… Bayangkan sodara, subuh2 berangkat naik sepeda ke alun2 bawa gembolan tas isinya barang buat dijual. Haha… Pulangnya jam 10, pake sepeda onthel lagi. Yang ini nih yang bikin cape. Jalanan pulang itu kan nanjak. Bawa2 buntelan tas di belakang punggung, panas2, laper… Makanya sampe kosan langsung teler. Heu, si Arini sih udah biasa liat aku gitu. Anak2 yang lain awalnya nggak tau aku suka keluar subuh2 dan pulang jam 10an. Kadang2 c Arin juga ikut. Kita ngonthel berdua ke alun2. Lumayan, cuci mata. Sekalian jajan. Heu…

Dengan beralaskan kain lusuh dan karung bekas, jadi juga jualan. Hehe. Barang Yanoi, Nur, dan punyaku dihamparkan. Kalian tau nggak, nggak gampang buat dapet tempat strategis buat jualan. Aku jadi inget kuliah manajemen pemasaran. Alhamdulillah yanoi bisa dapet tempat ini. Terbukti dengan pendapatan total kami bisa mencapai 3 ratus ribu setiap kali jualan. Mantep ga tuh!! Kebanyakan sih peminatnya anak kecil. Alhamdulillah, aku belajar banyak. Belajar jadi penjual yang jujur, belajar untuk cari uang sendiri, belajar untuk membaca selera konsumen. Heu, saat itu memang udah nggak ada lagi kiriman dari ortu, karena emang harus bagi2 untuk sekolah adik aku. Ditambah beasiswa rada seret keluarnya. Nah, pulangnya kita2 jajan mie ayam solo dulu. Uenak tenan...

Memang nggak tiap minggu hasilnya bagus, tapi Alhamdulillah bisa untuk nabung. Sebagian barang juga aku masukin ke toko. Terus dikirim ke Balikpapan, di tempat sodaraku. Penjualan disana bagus. Harganya bisa dua kali lipat dari biasanya. Dalam sebulan aku bisa dapet 1 juta. Hehehe, keren kan? Alhamdulillah. Dengan hasil jualan itu aku bisa pulang dan pergi lagi ke jember buat wisuda. Bisa buat makan. Bisa buat bayar kos. Ha… rezeqi emang nggak akan kemana. Oh iya, sedekah jangan sampe lupa. Itu penting!

Thanks berat buat Yanoi. Setidaknya dia juga yang udah berjasa mengajarkan kita2 usaha ini. Heu. C nur aja pernah nekat ke NTB, hidup disana dari jualan aksesoris. Huh, aku mah belum berani kayak gitu. Yanoi juga sekarang hidup di Yogya dengan jualan aksesoris. Aku sih hidup dengan aksesoris tuh, tapi masih di Sukabumi. Hehe…

Memang nggak selamanya enak. Ada juga sih yang complain karena beberapa hal. Tapi complain itu justru tambahan terbaik untuk kemajuan usaha yang kita miliki. Setidaknya kita jadi tahu dan bisa membaca keinginan konsumen.

Usaha ini sempat terhenti, karena kita semua harus pulang ke daerah kami masing2. And now, aku bangkit lagi. Sekarang sih baru punya 2 orang distributor. Ada yang minat nggak? Asal jujur dan mau usaha aku terima deh. Hehe…

0 cuap2 on "Wirausaha Part 2"

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal