12.12.2011

Tips Usaha Ala c Dodol

created by ud@Ra_ di 10.36

Arghhh…gerah aku liat orang terima gaji. Hehe, sedangkan si aku terima gajinya nggak pasti. Sekali ada orderan aja baru gajian. Hohoho. Mana bukuku belum rampung, ah, susah banget cari pinjeman kamera. Hoho… **sudahlah gie, jalani dengan ikhlas. Hiks… menghibur diri..

Btw, sebelum dilanjut, aku iseng liat sapa ja yang udah visit blog diriku. Hehe, ternyata banyak juga. Ada yang dari Malaysia n Vietnam. Beberapa Negara lain juga pernah sih dulu. Blog ini sih sebenernya aku bikin buat menyalurkan hobi menulisku. Sekalian ngehibur orang yang lagi suntuk kalo kebetulan mampir kesini. Niatnya pengen pake bahasa inggris, apadaya tangan tak sampai. #maksud??

Kalo kebetulan aku punya ilmu, yaa…disampaikan. Kegalauan, kerisauan hati (ceile..), cerita2 konyol… dsb… bukan bermaksud pamer ko. Niatnya pengen beramal. Menghibur orang kan pahala. Hehe. Sekali lagi karena saya suka menulis, dan belum dikasih kesempatan kedua kalinya buat nerbitin cerita ke penerbit. Hehe… #bikin 1 biji buku aja susah banget, dah 3 bulan ini…

Awalnya aku ngebet banget pengen usaha bertani, nanem padi atau sayuran gitu. Haha. Sampe modalnya habis pun akhirnya mah nggak jalan2. Mau lanjutin berkebun stroberi di halaman depan, susah cari bibit impor kayak sweet Charlie. Nyobain nanem timun Cuma sempet panen sekali. Nanem kangkung organic juga kurus2. Hahaha, so, karena skill aku di bidang kreasi, akhirnya mah berkecimpung di dunia souvenir dan tulis menulis. Hehe.

Okeh, cukup ah cuap2 nya. Aku pengen bagi2 ilmu nih, soal wirausaha. Kebanyakan orang males banget buat usaha sendiri. Alasannya keterbatasan modal atau nggak punya skill. But, guys, gue juga gitu… heu… Tapi aku punya tips2 buat wirausaha nih, ala c dodol tentunya. He. Take this out!!

1. Hal pertama yang paling penting adalah skill. Skill itu nggak harus sejalan sama bidang pendidikan kita, I think. Skill bisa didapat dari mana aja, asal kita mau berusaha belajar. Basic aku aja pertanian, tapi menjalankan usaha di bidang souvenir. Selain karena suka, aku juga tergolong orang yang ulet (hehe, kata orang loh…).

2. Selain keahlian, pengetahuan juga penting, guys. Saranku, khususnya buat yang masih sekolah, selain bidang ilmu yang kita perdalam, perdalamlah juga ilmu lainnya. Aku memang belajar tentang perbenihan tanaman. Tapi sedikit banyak aku tau tentang peternakan, sutera alam, kultur jaringan, dsb. Pokoknya mah selagi bisa, cari ilmu banyak2. Insya allah pasti bermanfaat.

3. Nah, setelah punya keahlian dan pengetahuan yang cukup, tentukan deh. Kira2 mau usaha apa. Nggak usah muluk2 sama modal. Memang sih itu penting, tapi kalo kita nggak mau kreatif, ya nggak maju2. Hehe. Salah satu cara yang rada ribet, bikin proposal terus ajuin ke bank. Cara kedua bisa kerja dulu sama orang, sambil bikin persiapan yang matang dan nabung. Cara lain, pinjem uang sama keluarga bermodalkan kepercayaan. Hehe, kan nggak perlu ribet sama bunga dsb. Kalo c dodol ini dulu punya modal dari beasiswa. Kebetulan cairnya 2 bulan, heu… dompet tebel.

4. Hal terpenting dari memulai usaha adalah, usaha yang harus kita jalankan harus punya inovasi. Bisa perbaharuan dari usaha yang udah ada, atau juga bisa usaha yang bener2 baru. Biar nggak gampang ditiru orang juga usahakan tiap bulan ada produk baru dari usaha kita. Orang2 biasanya suka hal2 yang baru. Tapi inget, inovasi juga harus disesuaikan dengan kebiasaan daerah lo semua. Nggak semuanya cocok dengan inovasi yang kita buat. Aku punya pengalaman soal ini. Mama aku kan jualan kue. Beliau mau nyoba inovasi dengan kue2 yang dikukus. Tapi ternyata malah nggak laku. Usut punya usut, ternyata orang2 tuh lebih seneng sama kue yang digoreng. Hehe… Intinya mah try to find, what they want. Cari informasi pasar lah.

5. Sebetulnya sebelum 4 point di atas, segalanya harus diawali dengan niat. Niat yang bersih, pasti usahanya berkah. Niatkan untuk menolong orang lain. Lha, kita kan bisa menyediakan lapangan kerja buat orang lain. Terus juga kita bisa memenuhi kebutuhan orang lain. Ah, pokoknya jadi pengusaha itu banyak baiknya deh asal niatnya bener. Kata Nabi Muhammad SAW berdagang itu membuka pintu rezeqi…Mind it..

6. Jujur. Iya lah. Nabi mengajarkan kita untuk jujur dalam berdagang atau usaha. Percaya deh, kalo kita jujur, orang2 pasti bakal ketagihan untuk bekerja sama dengan kita. Mereka nggak akan ragu pula untuk menanam saham buat kita karena kita jujur.

7. Hm, apalagi yah… heu… Oh iya. Point selanjutnya adalah punya visi misi dan prinsip. Kalo di usaha souvenir yang aku jalani ini, aku punya prinsip ‘Menyeluruh’. Hahaha, aku nggak tau istilahnya apa, dasar dodol. Intinya gini. Aku nggak mau matok harga jual yang tinggi, terutama sama distributor. Karena semakin panjang rantai distribusi, harga yang jatuh ke tangan konsumen akan semakin mahal. #Gue ngomong ampe berbusa nih, rada serius soalnya. Haha. Biar harga yang diciptakan sedikit lebih murah, tapi bisa menjangkau konsumen yang banyak. Terbukti loh. Bahasa ringannya, biar murah asal laku, tapi bukan berarti murahan. Heu. Kalo soal ini emang harus ngutak ngatik biaya produksi dan jenis barang yang kita buat, biar nggak rugi. Lain waktu kalo si calon konsumen kita agak elit (keliatannya), baru deh kita bikin produk dengan kualitas super, dan tentu dengan harga yang elit juga. Lebih bagus kalo ada 3 tingkatan kualitas dan harga produk, biar bisa dijangkau oleh semua kalangan.

8. Berdoa. Hehe. Ini wajib.

9. Promosi seefektif mungkin. Salah satunya dari mulut ke mulut atau door to door. Bikin kemasan dan logo yang lucu dan mudah diingat.

10. Finally, sedekah. Inget, guys. Dari hasil yang kita punya, itu ada hak orang lain yang lebih membutuhkan. Bukan jumlah nominalnya sih, yang penting ikhlas dulu deh. Hehe. Sedekah itu TIDAK mengurangi harta kita, justru membuat harta kita semakin berkah dan bertambah. Insya Allah…

11. Semangat dan hilangkan rasa malas. Pokoknya mah, jangan tunda2 lah kegiatan kita. Kesempatan nggak akan datang dua kali loh…

So, Cuma segitu aja tips dari c dodol. Hehe, nggak sempurna sih, karena itu berdasarkan pengalaman aja. Tapi belajar dari pengalaman juga penting loh… hehe. Mudah2an bermanfaat guys…

0 cuap2 on "Tips Usaha Ala c Dodol"

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal