11.09.2011

My Garden

created by ud@Ra_ di 10.58

Udah hampir sebulan ini aku beralih kegiatan, dari petani stoberi menjadi petani kangkung. Hohoho… Pasalnya seluruh tanaman stroberi peliharaanku mati. Hiks, S-E-M-U-A. Habis, nggak ada yang tersisa satupun yang idup. Awalnya aku tuh tanaman mulus2 aja. Masih rajin berbuah, rajin tumbuh stolon en daun baru. Tapi lama2 ko daun2nya mulai mongering. Kejadian ini bermula saat cuaca yang lagi baek ngasih panas yang bener2 panas. Satu persatu daunnya mulai kering. Okeh, aku pikir ini akibat cuaca panas. Makanya tanamannya pada kering. DIkasih air plus pupuk lagi.

Kirain bakalan lebih bagus, eh, ternyata ENGGAK!! Masih kering aja. Duh, udah panic nih… beberapa polibag isinya udah nggak ada alias mati. Anehnya, keringnya tuh dari pinggir mulainya. Terus setiap daun baru yang tumbuh, mulanya seger, tapi lama2 kering juga. WAAAHHHHH, parah ini!!! Kesimpulan sementara, stroberi ini bukan kering karena panas, tapi kena penyakit. Hiks… masalahnya aku nggak bisa identifikasi ini penyakit apa. Beberapa litelatur isinya mirip2, jadi nggak bisa nentuin. Akhirnya dengan sangat terpaksa semuanya dibuang. Dadah Beib… :’(



Kenangan tentang stroberi tuh banyak banget. Udah 4 taun mereka nemenin aku di halaman depan. Awalnya 1 polibag…terus nambah jadi lebih dari 30 polibag. Sepupu yang masih kecil aja suka banget metikin buah yang udah mateng. Meskipun aku udah bosen makannya, tapi liat kondisi polibag yang kosong melompong, teteuuppp perih jendrallll!!!



Inisiatif melanjutkan usaha dimulai. Penelitian selanjutnya bertanam kangkung. Yohaa… dengan modal awal 50 ribu cukup buat beli benih setengah kilo, pupuk, sekam, plus ongkos. Hehe. Separo polibag udah mulai ditanam kangkung. Hm, kalo kalian pikir nanem kangkung yang harga seikatnya itu 2 ribu gampang, jawabannya kagak. SUSAH juga. Kalo nggak pinter2, benihnya busuk. Kalo di istilah teknologi benih tuh benih mati dan benih segar tidak tumbuhnya itu bisa banyak.

Karena kangkungnya organic, plus nanemnya di polibag, jadi ukuran kangkungnya nggak segede yang dipasar. Padahal maksud hati pengen nyaingin, hehe… But, no problem. Udah tumbuh gede aja hati udah seneng. Tinggal nunggu panen aja. Huahaha….




0 cuap2 on "My Garden"

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal