11.18.2009

Seputar Black in News.

created by ud@Ra_ di 10.17


C' Dodol lagi punya ilmu tentang seleksi tanaman. Karena background pendidikanku ya teknologi benih, so...bagi2 ilmu juga pahala kan??hehe.... Cuap2 di Black In News ini, aku mau ngebahas about itu, take it out....

Seleksi massa
1. Seleksi massa merupakan salah satu bentuk seleksi tanaman yang paling sederhana. Dari populasi tanaman yang ditanam hanya dipilih dari individu – individu yang dikehendaki yang didalamnya masih terdapat beberapa tanaman homosigot.
2. Biasanya berupa jenis tanaman lokal.
Seleksi dilakukan pada sekelompok tanaman yang mempunyai kesamaan penotipe tertentu kemudian dicampur tanpa diadakan uji keturunan.
3. Varietas yang dihasilkan dari seleksi massa tidak seseragam varietas yang dihasilkan dari seleksi galur murni.
4. Biasanya masih mempunyai kemampuan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan penampilan yang tidak berbeda dengan varietas campuran. Hal ini disebabkan adanya perbedaan genotip yang lebih tinggi jika dibandingkankan dengan galur murni

Pelaksanaan seleksi Massa
Tanaman yang terpilih secara individual dicampur untuk digunakan sebagai bahan tanam Pelaksanaan seleksi ini menggunakan suatu populasi yang ditanam pada suatu areal yang cukup luas.

Cara seleksi massa ini dapat dilakukan dengan dua cara :
1. seleksi massa positif
2. seleksi massa negatif

1) Seleksi Massa Positif
• Seleksi massa positif dalam kegiatannya menggunakan populasi tanaman yang hanya dipilih dari individu - individu tanaman yang sesuai dengan yang dikehendaki.
• Pada waktu panen dilakukan pemilihan lagi, kemudian yang terpilih dicampur untuk digunakan sebagai bahan tanam musim berikutnya. Sedangkan tanaman yang tidak terpilih dapat dipanen untuk konsumsi.
• Proses pemilihan tanaman seperti di atas diulang kembali pada beberapa generasi penanaman sampai tujuan yang diinginkan tercapai.
• Pada umumnya seleksi massa positif memerlukan perlakuan lebih berat dibandingkan dengan seleksi negatif. Hal ini disebabkan seleksi massa positip memilih individu tanaman yang menonjol sehingga jumlah tanaman yang terpilih lebih sedikit serta populasi yang dihasilkan dapat berbeda dengan populasi awal.


2) Seleksi Massa Negatif
• Pada kegiatan seleksi massa negatif menggunakan populasi tanaman yang hanya dipilih individu - individu tanaman yang sesuai dengan yang dikehendaki dan menyingkirkan tanaman yang menyimpang dari sifat – sifat yang dikehendaki. Sedang tanaman yang tersisa dipanen bersama dan dicampur untuk digunakan sebagai bahan tanaman musim berikutnya.
• Proses pemilihan ini diulang – ulang kembali pada beberapa generasi penanaman sampai tujuan yang diinginkan tercapai sama seperti seleksi massa positif.
• Seleksi massa negatif banyak dilakukan untuk memurnikan varietas unggul yang telah beredar di masyarakat atau dalam rangka memproduksi benih untuk menjamin kemurnian genetiknya.
o Populasi yang akan diperbaiki ditanam pada areal yang terpisah dengan tanaman sejenis lainnya ( diadakan isolasi tempat). Bila hal ini sulit dilakukan dapat dibuat isolasi waktu untuk menjaga agar terhindar dari terjadinya persilangan yang tidak diinginkan.
o Tanaman yang terpilih secara individual dicampur untuk digunakan sebagai bahan tanam . Pelaksanaan seleksi ini menggunakan suatu populasi yang ditanam pada suatu areal yang cukup luas

1 cuap2 on "Seputar Black in News."

Anonim mengatakan...

kurang seleksi lini murni..

Posting Komentar

Biar ga ikutan dodol....kirim komentarnya yaw...

 

....Kedodolan Diriku.... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal